Sabtu, Juli 13, 2024

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...

Panwaslih Aceh Instruksikan Buka...

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menginstruksikan Panwaslih Kabupaten/Kota segera membuka...

KAMMI Sebut Perlu Forum...

BANDA ACEH - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh...

Atlet Popda Gayo Lues...

BLANGKEJEREN - Pertandingan POPDA ACEH ke-XVII yang sedang berlangsung saat ini menjadi perhatian...
BerandaNewsBKIPM Aceh Bagikan...

BKIPM Aceh Bagikan Ikan Bermutu di Aceh Utara

LHOKSUKON – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Perwakilan Aceh membagikan bantuan 2.000 paket ikan sehat bermutu selama dua hari di Kabupaten Aceh Utara, 27-28 April 2021.

Paket ikan bermutu bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu merupakan aspirasi/hak usul Anggota Komisi IV DPR RI asal Dapil Aceh-2, Ir. H. TA. Khalid, M.M., dibagikan kepada masyarakat di pedalaman Aceh Utara untuk mencegah stunting.

Pembagian ikan bermutu secara simbolis diserahkan TA. Khalid kepada perwakilan warga penerima bantuan di Desa Blang Riek, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Selasa, 27 April 2021. Bantuan paket ikan secara simbolis juga diserahkan Koordinator Bidang Pencegahan dan Manajemen Risiko Pusat Karantina Ikan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPMKHP) KKP, Sugeng Sudiarto, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Banda Aceh, Diky Agung Setiawan kepada warga.

Selanjutnya tim BKIPM Aceh membagikan sekitar 2.000 paket ikan bermutu tersebut selama dua hari kepada masyarakat di sejumlah desa. Yakni, tujuh desa di Kecamatan Kuta Makmur sekitar 1.000 paket, Desa Pante Bahagia dan Blang Dalam, Kecamatan Paya Bakong 600 paket, dan Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek 400 paket ikan.

“Pembagian ikan ini dalam rangka Bulan Mutu Karantina BKIPM yang ke-6. Pembagian dilalukan di wilayah pegunungan Aceh Utara agar masyarakat yang jauh dari pantai dapat mengonsumsi ikan untuk pemenuhan gizi, terutama mengurangi kasus stunting nasional yang masih tinggi,” ujar Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Aceh, Diky Agung Setiawan.

Menurut Diky, jenis ikan yang dibagikan itu tongkol lisong didaratkan di Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo di Banda Aceh dan dibekukan di PT Aceh Lampulo Jaya Bahari.

“Adapun pengolahan ikan (untuk dimakan) sesuai selera: boleh digoreng, disayur, digulai atau dibakar,” ucap Diky.

Diky juga menyampaikan bahwa bantuan paket ikan bermutu dari KKP atas aspirasi/hak usul Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Aceh-2, Muslim, akan dibagikan kepada masyarakat di Aceh Utara pada Juni 2021 mendatang.[](*)

Baca juga: