Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaFenomena Gerhana Matahari...

Fenomena Gerhana Matahari di Gayo

TAKENGON – Gerhana matahari tampak di langit Gayo, pagi tadi. Pemandangan fenomena alam langka itu semakin mudah dinikmati warga karena tekanan udara dan rendahnya gumpalan awan.

“Di Takengon tempatnya tinggi, jadi kita bisa lihat di mana saja. Kami pun lihatnya, ya, pakek ini (rol film atau foto negatif). Tampak gerhana matahari sebagian,” kata Fitra Jayadi, salah seorang warga Takengon kepada portalsatu.com, Rabu, 9 Maret 2016.

Ia menyebut tidak bisa terlalu lama melihat gerhana matahari menggunakan alat bantu manual itu. “Kita bisa lihatnya sebentar saja. Kalau lama-lama mata kita bisa kabur,” ujarnya.

Ada pula warga Takengon yang melihat gerhana matahari menggunakan kertas hasil ronsen (rontgen) sebagai alat bantu manual.

Saat terjadi gerhana matahari pagi tadi, cuaca di kawasan kota Takengon sedikit mendung dan hawa dingin lebih terasa menusuk tulang.

Sebelumnya dilaporkan, Prakirawan Cuaca Stasiun Merteorologi Banda Aceh, Anang Heriyanto mengatakan, dataran tinggi Gayo berpotensi dapat disaksikan fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) meski tanpa alat pendukung.

Semakin tinggi di atas permukaan laut, katanya, fenomenan gerhana akan semakin mudah untuk disaksikan dengan mata telanjang. Namun, ia mengimbau masyarakat tetap menggunakan kacamata khusus saat melihat gerhana matahari untuk menghindari kerusakan pada mata.

“Perkiraan cuaca untuk besok pagi Aceh Tengah cerah berawan,” kata Anang Heriyanto melalui selulernya kepada portalsatu.com, Selasa, 8 Maret 2016.[]

Baca juga: