Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita LhokseumaweIni Putusan PN...

Ini Putusan PN Lhokseumawe Terkait Gugatan CV Avardan Serikat Terhadap Kepala DLH

LHOKSEUMAWE – Pengadilan Negeri (PN) Lhkseumawe tidak berwenang mengadili perkara gugatan perdata yang diajukan CV Avardan Serikat terhadap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lhokseumawe sebagai Pengguna Anggaran pada Tender Ulang Pengadaan dan Pemasangan Tiang Listrik dan Lampu Penerangan Jalan Umum Kota Lhokseumawe (Otsus) Tahun Anggaran 2022.

“Mengabulkan eksepsi dari Tergugat I, Tergugat II, dan Tergugat III; Menyatakan Pengadilan Negeri tidak berwenang mengadili perkara ini; Menghukum Penggugat untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp1.400.000,” demikian amar putusan Majelis Hakim PN Lhokseumawe, Senin, 10 Oktober 2022.

Amar putusan tersebut turut ditayangkan pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Lhokseumawe. “Benar, itu putusannya,” kata Humas PN Lhokseumawe, Mustabsyirah, S.H., M.H., dikonfirmasi portalsatu.com, Senin (10/10), sore.

Sebelumnya, Muhammad Arifsyah Nasution atas nama CV Avardan Serikat menggugat Kepala DLH Kota Lhokseumawe sebagai Pengguna Anggaran pada tender ulang paket pengadaan itu ke PN Lhokseumawe terkait dugaan perbuatan melawan hukum.

Selain Kepala DLH Lhokseumawe sebagai Tergugat I, juga digugat Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Konstruksi II pada Sekretariat Pemerintah Kota Lhokseumawe selaku pelaksana tender ulang proyek itu sebagai Tergugat II; Kepala Inspektorat (Inspektur) Kota Lhokseumawe yang merupakan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sebagai Tergugat III; dan PT Putra Maulana Electric pemenang tender ulang paket pengadaan itu sebagai Tergugat IV.

Dalam perkara gugatan itu, Muhammad Arifsyah Nasution dari CV Avardan Serikat memberikan kuasa kepada Hj. Herni Hidayati, S.H., C.Me., Maraihut Simbolon, S.H., Farizah, S.H., Rudi Syahputra, S.H., dan Nuzulul Ramadhanty, S.H., semuanya advokat pada Kantor Hukum Hadi Simbolon dan Rekan di Banda Aceh.

Majelis Hakim PN Lhokseumawe, Faisal Mahdi, Mustabsyirah, dan Fitriani, dibantu Panitera Pengganti Iskandar, menggelar sidang perdana perkara gugatan nomor: 8/Pdt.G/2022/PN Lsm itu pada Rabu, 13 Juli 2022.

Pengadaan dan Pemasangan Tiang Listrik dan Lampu Penerangan Jalan Umum Kota Lhokseumawe (Otsus) Tahun Anggaran 2022 itu dengan nilai HPS paket Rp1.462.834.000, bersumber dari APBD.

Baca: CV Avardan Serikat Gugat Kepala DLH Lhokseumawe ke Pengadilan, Sidang Perdana Digelar

Hakim yang menjadi mediator perkara gugatan itu, Mukhtaruddin, S.H., telah melakukan proses mediasi antara Penggugat dan Tergugat I, II, dan III, pada Rabu, 20 Juli hingga Senin, 8 Agustus 2022. Hasil mediasi tidak berhasil, sehingga dilanjutkan ke persidangan oleh Majelis Hakim, dan kini sudah dikeluarkan putusan.[](red)

Baca juga: