BerandaKelompok Tani Binaan Tentara Panen Lele Sangkuriang di Tambon Tunong

Kelompok Tani Binaan Tentara Panen Lele Sangkuriang di Tambon Tunong

Populer

KRUENG GEUKEUH – Kelompok Tani Usaha Muda binaan Kodim 0103 Aceh Utara, panen perdana ikan lele jenis sangkuriang di Dusun V, Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Sabtu, 5 Maret 2016.

“Ada 30 ribu bibit ikan lele yang ditabur awal tahun 2016 lalu dan hari ini ikan-ikan tersebut sudah bisa dipanen. Tahap perdana ini berhasil memanen 400 kilogram ikan lele siap jual,” kata Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Eka Oktavian Wahyu Cahyono kepada portalsatu.com usai melihat panen perdana tersebut.

Letkol Eka Oktavian menyebut program tersebut merupakan upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat  tani di wilayah teritorial Kodim 0103 Aceh Utara, sekaligus target swasembada pangan.

“Sebelum dipasarkan, ikan lele ini akan kita lakukan pemisahan terlebih dahulu. Sebab, dari 30 ribu bibit tadi belum tentu siap panen semua walaupun mengingat ikan lele tersebut dipelihara di kolam yang sama. Jenis pakan yang sama, tetapi pertumbuhan ikan di kolam tersebut pastinya tidaklah sama,” ujar Dandim Eka.

“Mudah mudahan dengan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi contoh untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata dia lagi.

Sementara itu, Syamsul Bahri, petani ikan lele binaan Kodim Aceh Utara mengatakan, dalam membudidayakan ikan lele pastinya ada kendala. “Syukur saya mendapatkan bantuan modal budidaya ikan lele dari Kodim sehingga bisa kembali membudidayakan ikan lele dengan skala besar,” ujar Syamsul.

Syamsul menambahkan, kegiatan budidaya ikan lele sangat erat dengan berbagai kendala, salah satunya cuaca yang tidak menentu, kadang terlalu panas dan sebaliknya hujan. Kata dia, akibat cuaca seperti ini/suhu yang berubah-berubah, ikan-ikan di kolam banyak yang mati.

“Tak hanya cuaca, pakan pun  menjadi kendala. Jika hanya mengandalkan pakan pelet pastinya tidak cukup modal, namun saya berinisiatif mencari cara lainnya dengan membeli ikan-ikan kecil dan usus ayam untuk menjadi pakan ikan lele,” kata Syamsul.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya