BerandaBerita Banda AcehPenerapan Lima Pilar STBM untuk Cegah Stunting

Penerapan Lima Pilar STBM untuk Cegah Stunting

Populer

BANDA ACEH – Upaya pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan sanitasi di Aceh terus berlanjut. Salah satunya adalah dengan menggalakkan penerapan lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di seluruh wilayah Aceh.

kelima pilar tersebut yakni berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

“Buang air besar sembarangan masih juga banyak, itu dia dari 5 Pilar STBM tadi. Jadi memang harus ada peningkatan terkait pemenuhan 5 Pilar STBM ini,” kata Kabid Kesmas Dinkes Aceh, Sulasmi, Jumat awal November 2022.

Sulasmi menyebutkan, jika masyarakat sering buang air besar sembarangan lalu banyak tinja dimana-mana sudah pasti banyak lalat. Lalat-lalat itu kemudian terbang dan hinggap di makanan

“Lalat tadi ke tempat makanan kita, kita nggak lihat lalat itu udah kemana-mana. Lalu makanan itu dimakan oleh anak kita dan anak jadi diare dan sakit,” katanya.

Menurutnya, di Aceh masih banyak masyarakat yang menggunakan wc terbang. Padahal, wc-nya bagus namun tidak digunakan. Hal inilah yang dimaksud tidak menjalankan PBHS yang baik.

“Jadi masih banyak kebiasaan pola hidup bersih dan sehat masih belum dijaga dengan baik dan benar di Aceh ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah suatu pendekatan yang menekankan pada perubahan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melibatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan yang berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan.

Strategi Nasional STBM diatur pada Kepmenkes No 3 tahun 2014. Strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi sanitasi total berbasis masyarakat.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya