Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita Aceh UtaraPj Bupati Aceh...

Pj Bupati Aceh Utara Safari Ramadan di Baktiya, Begini Tausiyah Ayah Hajar

LHOKSUKON – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi melaksanakan safari Ramadhan di Masjid Baiturrahman, Gampong Alue Ie Puteh, Kecamatan Baktiya, Kamis, 30 Maret 2023. Kehadiran Pj. Bupati Azwardi bersama rombongan mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kecamatan Baktiya.

Rangkaian safari Ramadan diawali dengan pembagian santunan untuk 200 anak yatim yang diserahkan secara simbolis kepada 20 anak yatim. Pj Bupati Azwardi didampingi Sekda Aceh Utara A. Murtala, Asisten I Dayan Albar, para Kepala SKPK, para Camat, Kabag dan Kabid, juga menyerahkan bantuan hibah senilai Rp500 juta bersumber dari DOKA tahun 2023 untuk kelanjutan pembangunan Masjid Baiturrahman.

Selain itu, juga diserahkan bantuan uang tunai senilai Rp5 juta, 20 kitab suci Alquran, dan 3 lembar sajadah.

Usai shalat tarawih yang diimami Tim Ahli Bupati Aceh Utara Tgk. Muhammad Hatta, yang juga Ketua Komunitas Pemuda Shubuh (Kompas) Aceh Utara, dilanjutkan dengan sambutan Pj. Bupati Aceh Utara Azwardi.

Azwardi mengatakan dirinya ingin memperbanyak silaturahmi dan menjalin ukhuwah dengan masyarakat. Salah satu momentum tersebut melalui pelaksanaan safari Ramadan.

“Saya diberikan amanah jabatan oleh negara, oleh pemerintah, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Aceh Utara, salah satunya guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024,” ujar Azwardi.

Azwardi mengajak seluruh jamaah untuk membangun karakter yang baik, menjalin silaturahim antarsesama, menjaga diri sendiri dan keluarga, meningkatkan iman dan takwa serta kualitas ibadah di bulan suci Ramadan.

“Allah SWT berfirman, yang artinya ‘Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka,” ujar Azwardi mengutip QS. At-Tahrim ayat 6.

[Pj. Bupati Aceh Utara Azwardi menggendong salah satu anak yatim yang diberikan santunan saat safari Ramadan di Masjid Baiturrahman, Gampong Alue Ie Puteh, Kecamatan Baktiya, Kamis, 30 Maret 2023. Foto: Istimewa]

Mudir Dayah Malikussaleh Tgk. H. Ibnu Hajar akrab disapa Ayah Hajar dalam tausiyah usai tarawih mengatakan sangat penting untuk menjaga akhlak dengan Allah, dengan Rasul, serta menjaga akhlak dengan sesama manusia. “Karena apabila tidak baik hubungan dengan sesama manusia di dunia, maka juga akan tidak baik di akhirat, karena hablumminallah dan hablumminannas itu sangat penting,” ujar Ayah Hajar.

Ayah Hajar juga memaparkan tentang keutamaan Ramadan, di antaranya dengan turunnya Alquran di mana ayat pertamanya berbunyi iqra’. “Ini adalah perintah untuk membaca atau mencari ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

Menurut Ayah Hajar, jika menilik proses pembelajaran oleh Malaikat Jibril saat mengajari Nabi Muhammad SAW untuk membaca, sungguh terdapat proses transfer ilmu yang penuh dengan santun dan kasih sayang. Padahal saat itu Baginda Nabi sama sekali awam untuk membaca, lalu dituntun sampai beberapa kali oleh Jibril dengan sabar.

“Proses ini hendaknya perlu dicontoh oleh para pengajar di zaman sekarang, sehingga para peserta didik atau murid dapat menikmati proses pembelajaran yang nyaman dan merasa disayangi,” tuturnya.

Ayah Hajar mengajak jamaah untuk menjaga berkah Ramadan dengan bersyukur terhadap segala bentuk rahmat dan nikmat Allah SWT. “Jagalah hubungan kita sebagai hamba dengan Allah SWT, jangan kufur terhadap nikmat, karena Allah tidak akan mencabut nikmat dari kita, sampai kita sendiri yang mengubah atau mencabut nikmat tersebut”.

Dalam kesempatan itu, Imum Mukim Panteu Breuh, Kecamatan Baktiya, Tgk. A. Hanan, menyampaikan terima kasih kepada Pj. Bupati Aceh Utara atas silaturahmi di bulan suci Ramadan, serta sejumlah bantuan yang diserahkan untuk Masjid Baiturrahman.

“Kami atas nama tokoh masyarakat di Kecamatan Baktiya sangat mengapresiasi kegiatan mulia safari Ramadan yang dilakukan Pj. Bupati Aceh Utara, serta seluruh bantuan untuk pembangunan Masjid Baiturrahman, Baktiya. Semoga Bapak Pj. Bupati Aceh Utara selalu dalam keadaan sehat wal afiat, diberikan kesehatan dan kekuatan dalam memimpin Kabupaten Aceh Utara ‘Bumi Malikussaleh’ tercinta ini,” ujar Tgk. A Hanan yang juga Ketua Forum Imum Mukim Kabupaten Aceh Utara.[](rilis)

Baca juga: