BerandaBerita AcehSyech Fadhil Minta Bawaslu Tetap Proses Pelaporan Terhadap KIP Pidie

Syech Fadhil Minta Bawaslu Tetap Proses Pelaporan Terhadap KIP Pidie

Populer

BANDA ACEH – Senator DPD RI asal Aceh yang juga Caleg DPD RI Pemilu 2024, H.M. Fadhil Rahmi, Lc., M.Ag., meminta Bawaslu Aceh tetap menindaklanjuti pelaporan sejumlah Caleg DPD RI terkait dugaan penggelembungan suara di Pidie.

Meskipun, kata Fadhil Rahmi KIP Aceh dan KIP Pidie akhirnya menindaklanjuti perintah Bawaslu Aceh dengan melakukan perhitungan ulang suara DPD dari Pidie.

“Ini dua hal yang harus tetap berjalan. Karena ini sudah memenuhi unsur pidananya. Pelaporan kami terhadap KIP Pidie dan PPK di sejumlah kecamatan di Pidie harus tetap diproses dan pelaku juga harus menerima hukuman yang setimpal atas apa yang mereka perbuat,” kata pria akrab disapa Syech Fadhil ini.

“Ini baru selesai perhitungan di beberapa kecamatan, dan ternyata laporan kita terbukti. Jadi Bawaslu harus dapat memproses pelaku sesuai aturan yang ada,” ujar sahabat Ustaz Abdul Somad di Aceh ini.

Tujuannya, kata Syech Fadhil, agar hal yang sama tidak terus terulang di Aceh.

“Apalagi pilkada di depan mata. Bagaimana publik di Aceh dapat percaya dengan kinerja PPK dan KIP di Aceh, jika pelaku kecurangan tidak memperoleh hukuman yang setimpal,” katanya.

“Ini juga menjadi contoh bagi penyelenggara pemilu di kabupaten kota lain, agar tidak main-main dengan suara rakyat.”

“Insya Allah suara rakyat kita kawal bersama. Tidak tertutup kemungkinan juga pelaku kita laporkan ke DKPP,” kata Syech Fadhil.

Sebelumnya, perhitungan ulang perolehan suara DPD dari Kabupaten Pidie yang berlangsung di Asrama Haji Banda Aceh, semakin membuka mata publik bahwa ada penggelembungan suara di kabupaten yang berjulukan ‘Boh Mulieng’ itu.

Informasi diperoleh wartawan, perhitungan ulang perolehan suara DPD dan pencocokan dengan data model C Hasil DPD salinan TPS di Pidie yang berlangsung di Asrama Haji Kota Banda Aceh, masih berlangsung hingga Senin, 11 Maret 2024, pukul 18.00 WIB.

Ada 10 kecamatan sudah selesai dilakukan perhitungan ulang hingga Senin (11/3), pukul 18.00 WIB. Dugaan penggelembungan suara DPD untuk salah satu Caleg kian terbukti. Setelah perhitungan ulang, total perolehan suara Caleg DPD nomor urut 27 berkurang sementara dari 10 kecamatan mencapai 50.415 suara.[](rilis)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya