Kamis, Juli 25, 2024

Buka Rapimda KNPI Subulussalam,...

SUBULUSSALAM - Penjabat (Pj) Wali Kota Subulussalam, H. Azhari, S. Ag., M.Si mengatakan...

BI Lhokseumawe Gelar ToT...

LHOKSEUMAWE - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota...

PPK Sawang: Uang Operasional...

ACEH UTARA - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sawang di bawah Komisi Independen Pemilihan...

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...
BerandaBerita Aceh UtaraYARA Duga KIP...

YARA Duga KIP Aceh Utara Utak-Atik Hasil Pleno Terkait PPK, akan Surati DKPP RI

LHOKSUKON – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Utara angkat bicara terkait dugaan pelanggaran dilakukan pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara dalam perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Kepala YARA Perwakilan Aceh Utara, Iskandar PB., dalam keterangannya diterima portalsatu.com, Sabtu, 17 Desember 2022, menilai KIP Aceh Utara banyak kejanggalan dalam proses rekrutmen PPK untuk Pemilu 2024. Di antaranya, kata Iskandar, salah seorang calon PPK Baktiya, Syarwali, diduga sempat dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi, tapi akhirnya bisa mengikuti ujian tertulis sistem CAT hingga ditetapkan sebagai calon anggota PPK terpilih untuk kecamatan itu.

“Ini sangat keliru. Apalagi kita melihat pada salinan pengumuman seleksi administrasi pada 3 Desember 2022, bahwa yang bersangkutan dinyatakan tidak lulus administrasi. Pertayaannya, bagaimana bisa melewati tahapan ujian selanjutnya? Terlepas ada pengumuman yang direvisi dan diunggah kembali dalam website resmi KIP Aceh Utara, yang kemudian dinyatakan lulus terhadap yang bersangkutan. Itu artinya sudah diutak-atik data hasil pleno KIP. Seharusnya KIP profesional dan selektif dalam proses rekrutmen PPK,” tegas Iskandar.

Baca juga: Seleksi PPK Diduga Sarat Permainan, Begini Penjelasan KIP Aceh Utara

Iskandar menyebut YARA dalam waktu dekat akan menyurati Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI terkait sejumlah dugaan pelanggaran yang dilakukan KIP Aceh Utara dalam proses seleksi PPK.

“Karena peran dan fungsi KIP dalam menyelenggarakan pemilu sangat krusial dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas. Sehingga KIP diminta untuk tidak asal-asalan. Apalagi kita dari YARA banyak menerima laporan masyarakat di beberapa kecamatan khususnya calon yang tidak lulus, karena ada dugaan peserta yang lulus orang-orang yang pernah bermasalah,” ungkap Iskandar.

Namun, kata Iskandar, pada dasarnya YARA tidak anti terhadap KIP. Bahkan mendukung penuh agar pesta demokrasi Pemilu 2024 benar-benar berjalan dengan terhormat dan demokratis. Maka, kata dia, seharusnya komisioner KIP harus diisi orang-orang profesional dan berintegritas.

“Kita berharap orang yang pernah punya rekam jejak bermasalah lulus calon anggota PPK dapat dievaluasi kembali. Jika ada anggota PPK yang double job untuk dapat ditindaklanjuti dari instansi terkait. Bagi yang rangkap jabatan harus pilih salah satu, berikan peluang kepada yang lain,” ucap Iskandar.

Lihat pula: KIP Aceh Utara Luluskan Sekdes, Bendes, Pendamping Desa, dan TKSK jadi Anggota PPK

Komisioner KIP Aceh Utara, Muhammad Usman, menjawab portalsatu.com via WhatsApp, Sabtu (17/12), mengatakan pihaknya dari awal pendaftaran PPK sudah menyampaikan bahwa segala bentuk pengumuman akan disampaikan melalui website dan media sosial resmi KIP Aceh Utara untuk keterbukaan publik.

“Proses pendaftaran, pengumuman adm. (administrasi), pengumuman tulis hingga pengumuman wawancara kami juga sampaikan dalam laman website, bisa dicek semua pengumuman ada di situ,” kata Usman.

Usman mengirimkan tautan pengumuman hasil seleksi administrasi calon PPK yang KIP Aceh Utara umumkan dalam website pada 3 Desember 2022. “Artinya ini pengumuman yang resmi yang kami sampaikan, serta postingan ini bisa dicek bukan postingan baru tapi postingan lama,” kata dia yang turut mengirimkan tangkapan layar pengumuman pada website KIP Aceh Utara itu.

“Intinya pengumuman resmi dari kami tetap mengacu pada laman website: kip-acehutara.kpu.go.id, dan terbuka, dan bisa diakses oleh semua orang. Dalam penguman resmi adm yang kami keluarkan nama Syarwali lulus administrasi,” ujar Usman.[](red)

Baca juga: