Kamis, Juli 25, 2024

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...

Bank Indonesia Aceh Ajarkan...

BANDA ACEH - Bank Indonesia Provinsi Aceh, melaksanakan kegiatan Kick Off serentak implementasi...
BerandaBerita AcehDinas Pertanian Gayo...

Dinas Pertanian Gayo Lues Plotkan Anggaran Pengadaan Pupuk Organik Cair Rp467 Juta

BLANGKEJEREN – Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Gayo Lues akan membagikan pupuk organik cair kepada kelompok tani kopi arabika tahun 2024 ini. anggaran yang diplotkan mencapai Rp467 juta.

Pejabat Pelaksana Tenknis Kegiatan (PPTK) Bidang Perkebunan Zairusdin, Rabu, 10 Juli 2024, mengatakan pengadaan pupuk organik cair di Dinas Pertanian sedang dalam proses tender, dan belum ada pemenangnya.

“Jumlah pupuk cair yang akan dibeli mencapai 5.875 liter, dengan harga satuan Rp80 ribu perliter. Kegunaanya khusus untuk tanaman kopi arabika organik,” katanya di kompleks Dinas Pertanian Gayo Lues.

Saat ini, kata dia, sudah ada beberapa kelompok tani yang memasukan permohonan bantuan pupuk organik cair tersebut. Akan tetapi belum di-SK-kan lantaran masih lama proses penyaluranya.

“Kelebihan pupuk organik ini adalah mengandung mikro organik yang bisa memperbaiki struktur tanah. Beda dengan pupuk kimia yang bersipat menambah unsur hara,” ujarnya.

Perusahaan pemenang tender, kata Zairusdin, harus membeli pupuk cair dengan kandungan C-organik minimal 13 persen, N Organik 0,50-1, 5 persen, N + P205 + K20 4-5 persen, PH 4-7,5 persen, bentuk cairan, bahan kemasan botol plastik, dan volumenya 1 liter.

Berdasarkan hasil penelusuran, harga pupuk organik cair yang dijual pedagang mulai dari Rp13 ribu perliter, Rp22 ribu hingga Rp43 ribu.

“Ada juga yang sampai Rp90 ribu perliter, itu semua tergantung kandungan di dalamnya,” ujar Zairusdin.[]

Baca juga: