BerandaBerita Banda AcehPengadaan Ensiklopedia Antikorupsi Rp9,7 M, Ini Kata Sekdis Perpustakaan Aceh

Pengadaan Ensiklopedia Antikorupsi Rp9,7 M, Ini Kata Sekdis Perpustakaan Aceh

Populer

BANDA ACEH – Selain buku Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh juga mendapatkan alokasi anggaran tahun 2022 untuk pengadaan aneka bahan bacaan lainnya. Di antaranya, ensiklopedia antikorupsi, buku pengetahuan umum, buku fiksi, dan buku dua tokoh Aceh. Sedangkan tahun 2021 lalu, banyak pengadaan buku anggarannya dipecah-pecah menjadi Rp200 juta/paket. Begitu pula paket film dokumenter dan film pendek, salah satunya tentang Perang Cumbok.

Baca juga: APBA 2022: Pengadaan Buku Covid-19 Dinas Perpustakaan Rp10 M Pokir Dewan

Data diperoleh portalsatu.com, paket tahun anggaran 2022 ialah ‘Pengadaan dan Pengolahan Buku Ensiklopedia Anti Korupsi Jilid 1 sampai 5 untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan Perpustakaan SMA/SMK Se-Aceh’, volume pekerjaan 15.076 eksemplar/buku, total pagu Rp9.799.400.000. Paket ini belum ditender.

Paket ‘Pengadaan dan Pengolahan Buku Pengetahuan Umum dan Pengayaan untuk Perpustakaan SMA dan SMK di Kabupaten Aceh Tenggara’, 6.000 eksemplar/buku Rp3 M. Tahapan tender saat ini pengumuman pascakualifikasi dan download dokumen pemilihan.

Paket ‘Pengadaan dan Pengolahan Buku Fiksi, Sastra dan Ilmu-Ilmu Terapan (Teknologi) untuk Perpustakaan Sekolah Tingkat SMA/SMK di Kabupaten Aceh Tengah’, 2.000 eksemplar/buku Rp1 M. Tahapan tender saat ini dalam masa sanggah.

Paket ‘Pengadaan dan Pengolahan Buku Pengetahuan Umum, Karakter dan Vokasional untuk Perpustakaan SMA/SMK di Kota Banda Aceh’, 2.000 eksemplar/buku Rp1 M. Paket ini belum ditender.

Ada pula buku tentang dua tokoh Aceh yang masing-masing paket pengadaan Rp500 juta dan volume 1.000 eksemplar/buku. Kedua paket tersebut ‘Pengadaan dan Pengolahan Buku Seri Tokoh Aceh “Abu Habib Muda Seunagan Republiken Sejati Dari Aceh” untuk Dinas Perpustakaan Aceh dan Perpustakaan SMA/SMK Se-Aceh’, dan ‘Pengadaan dan Pengolahan Buku Biografi Prof. Farid Wadji untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan Perpustakaan SMA/SMK se-Aceh’. Kedua paket ini belum ditender.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Aceh, Zulkifli, menjawab portalsatu.com, Jumat, 8 April 2022, malam, mengatakan pihaknya baru kali ini mengadakan ensiklopedia antikorupsi. Saat ditanyakan siapa penulis dan penerbit buku tersebut, Zulkifli mengatakan paket pengadaan ensiklopedia antikorupsi sedang diverifikasi. “Belum kita serahkan berkas tender, masih tahap verifikasi,’ ujarnya melalui telepon seluler.

Menurut Zulkifli, pemgadaan ensiklopedia antikorupsi untuk Dinas Perpustakaan Aceh merupakan usulan pihaknya. Pemgadaan ensiklopedia antikorupsi untuk perpustakaan SMA/SMK se-Aceh, dia menyebut “usulan masyarakat”. “Iya,” ucap Zulkifli saat ditanya apakah itu artinya pokir dewan.

Begitu pula pengadaan buku lainnya yang nama paketnya tertulis “untuk Perpustakaan SMA dan SMK”.

“Dia tergantung kepada (usulan) daerah masing-masing,” ujar Zulkifli.

Sekolah dan buku antikorupsi

Sementara itu, data dilihat portalsatu.com pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemerintah Aceh, tahun 2014 silam telah ditender paket ‘Pembangunan Sekolah Anti Korupsi Aceh’ senilai Rp2.217.250.000 pada Dinas Cipta Karya Aceh, lokasi pekerjaan di Aceh Besar.

Pada tahun 2019 ditender paket ‘Pengadaan Buku Anti Korupsi Guru dan Siswa’ dengan pagu Rp1 M yang anggarannya di Dinas Pendidikan Aceh.

Paket dipecah-pecah

Dalam Rencana Umum Pengadaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh tahun anggaran 2021 terdapat lebih 150 paket pengadaan buku untuk SMA/SMK dengan anggaran Rp200 juta/paket.

Ada juga belasan paket film dokumenter dan film pendek dengan dana Rp200 juta/paket. Di antaranya, film dokumenter Abuya Muda Wali, Cut Meutia, Habib Bugak, film pendek biografi Teuku Umar, Daud Beureueh, Hasan Tiro, Wali Nanggroe, termasuk film pendek Peristiwa Perang Cumbok.

Banyak pula paket pengadaan buku digital/e-book untuk Perpustakaan Aceh dan SMA/SMK dengan pagu miliaran.

Portalsatu.com belum memperoleh konfirmasi, apakah semua paket pengadaan tahun 2021 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh terealisasi semuanya atau tidak.[](nsy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya