Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaTempat Wisata di...

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Asyik untuk Dijelajahi

BAGI Anda yang sedang dalam masa liburan dan mencari tempat wisata di Banyuwangi yang bagus, ada beberapa rekomendasi tempat wisata sekitar yang mungkin bisa Anda kunjungi. Sehingga, Anda tidak kebingungan untuk mengunjungi tempat wisata dimana saja. Berikut ini akan dirangkum beberapa tempat wisata yang memang akan membuat Anda menyesal jika tidak dikunjungi.

1. Pantai Plengkung

Tempat lokasi yang satu ini sering juga dikenal dengan nama G-Landa karena sangat populer di kalangan para peselancar domestik hingga mancanegara. Jika waktu liburan tiba, Anda jangan sampai terkejut karena melihat banyaknya pengunjung di tempat wisata yang satu ini. Meskipun ramai, tidak sampai membuat mata memandang sesak. Pantai ini terkenal memiliki ombak yang sangat bagus untuk berselancar, dan juga sangat cocok bagi Anda yang suka menikmati keindahan ombak dan suaranya.  Bahkan ombak di pantai ini diklaim menjadi ombak terbaik di dunia setelah Hawaii.

2. Pantai Watu Dodok

Jika Anda sering melihat pantai di Eropa yang terdapat rumah persinggahan modern, maka seperti itulah penampakan dari pantai yang satu ini. Saat Anda dalam perjalanan menuju pantai ini, akan terlihat bongkahan batu besar di tengah jalan. Selain itu, juga Anda akan menemukan patung Gandrung atau dikenal juga sebagai penari khas Banyuwangi. Untuk sampai ke pantai Watu, Anda harus menempuh jarak pantai sekitar 2 km dari pusat kota. Anda bisa menikmati pemandangan kapal ferry yang berlalu lalang.

3. Wisata Alam Air Terjun

Jarak perjalanan untuk sampai ke lokasi wisata alam Air Terjun Kalibendo harus ditempuh dengan jarak 20 km jika arah asal Anda dari pusat kota. Sepanjang perjalanan, Anda akan menikmati pemandangan alam yang luar biasa bagus dan menenangkan hati. Di sungai-sungai sekitar, airnya masih sangat bersih dan dingin. Saat berada di tempat wisata air terjun ini, Anda akan selalu merasakan sejuk karena lokasinya berada di dataran tinggi. Anda dan keluarga juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari kebun kopi, kebuh teh cengkeh, dan jenis kebun lainnya.

4. Agrowisata Kali Klatak

Tempat ini wajib Anda kunjungi, karena Agrowisata Kali Klatak merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang menjadi pelopor agrowisata pertama. Sebelumnya tempat ini dipegang oleh Belanda dengan status kepemilikan. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya beralih kepemilikan menjadi miliki pengusaha pribumi. Tanah di sekitarnya cukup subur sehingga tanaman apapun yang ditanam akan tumbuh dengan subur. Ada banyak sekali hasil perkebunan yang bisa lihat disini

5. Tempat Wisata Pemandian

Jika Anda berlibur dengan keluarga, Anda bisa mengunjungi ke tempat pemandian ini karena tersedia berbagai jenis kolam menurut ketinggian. Tempat wisata pemandian Taman Suruh ini luasnya sekitar 3,5 hektar. Saking lengkapnya, tempat wisata ini menyediakan kolam pemandian khusus anak-anak. Sehingga bagi Anda yang membawa anak-anak tidak harus khawatir akan risiko air dan risiko lainnya. Untuk mendapatkan makanan pun semakin mudah karena tersedia kafetaria. Fasilitas lainnya Anda juga bisa memanfaatkan musalla, ruang bilas, dan ruang ganti.

Oleh-Oleh Banyuwangi Yang Tidak Boleh Anda Lewatkan!

1. Kue Bagiak

Makanan ringan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang dimasak dengan berbahan dasar tepung sagu yang diolah menjadi kue bagiak. Rasa kue ini sangat enak, Anda bisa mendapatkan kue ini di sepanjang jalan pada toko-toko yang ada. Kue ini termasuk kue kering sehingga akan tahan lama dan cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh. Ada berbagai macam varian rasa untuk kue ini mulai dari keju, kacang, moka, nangka, pandan, vanilla, dan masih banyak lagi. Anak-anak pun hampir semua menyukai kue ini dengan berbagai macam varian rasanya.

2. Ladrang Sabrang

Kue yang satu ini tidak hanya memiliki rasa khas dan membuat Anda kenyang, namun juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Diantaranya, mengurangi risiko terkena kanker, diabetes, obesitas, dan lainnya. Kue ini merupakan hasil olahan yang dibuat menggunakan bahan dasar ubi ungu dengan berbagai varian rasa. Bentuk kue ini kecil-kecil yang menyerupai mie pipih. Beberapa orang membeli kue ini karena sedang dalam proses diet. Kue ini dijamin tidak akan membuat badan Anda gemuk karena menggunakan ubi yang mengandung kolin, beta karoten, dan serat yang mampu membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Sehingga makanan ini cukup unik untuk Anda beli sebagai oleh-oleh.

Itulah beberapa makanan khas Banyuwangi yang bisa Anda jadikan oleh-oleh saat Anda mengunjungi ke beberapa tempat wisata di Banyuwangi.[](Rel)

Baca juga: