Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita Banda AcehPN Lhokseumawe dan...

PN Lhokseumawe dan Sigli Terima Penghargaan EIS dari Mahkamah Agung, ‘tak Boleh Terlena’

BANDA ACEH – Dirjen Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung, 7 Juli 2022, mengumumkan hasil Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (EIS). Evaluasi ini dilakukan terdahap semua Pengadilan Negeri (PN) se-Indonesia yang jumlahnya mencapai 347 satuan kerja.

EIS merupakan aplikasi untuk menilai kinerja dalam penangan perkara. Evaluasi tersebut meliputi: kinerja, kepatuhan, kelengkapan, dan kesesuaian.

Evaluasi tersebut dilakukan setiap bulan, sesuai kelas pengadilan dan kategori jumlah perkara yang ditangani.

Hasil EIS pada Juni 2022, PN Lhoksumawe berhasil meraih peringkat ke-5 untuk kategori PN kelas I-B dengan jumlah perkara 1-500. Sedangkan PN Sigli meraih peringkat ke-4 untuk kategori PN kelas II dengan jumlah perkara 501-1000.

Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Dr. H. Gusrizal, S.H., M.Hum., yang membawahi 22 PN se-Aceh memberikan apresiasi atas capaian ini. “Saya menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih, dan rasa bangga saya atas penghargaan yang diterima PN Lhokseumawe dan PN Sigli. Saya berharap agar semua PN lainnya di Aceh lebih meningkatkan lagi kinerjanya agar juga mendapatkan penghargaan EIS”.

“Perlu pula saya sampaikan bahwa hasil capaian ini merupakan salah satu barometer penilaian kinerja dari satker tersebut dalam rangka mutasi dan promosi. Untuk itu mari kita bekerja sekuat tenaga dan jangan cengeng walaupun di daerah terpencil. Mari kita senantiasa selalu memberikan yang terbaik dimanapun kita ditugaskan,” ujar Gusrizal, Jumat (8/7).

Ketua PN Lhokseumawe, Bakhtiar, S.H., M.H., yang dikenal dengan panggilan Yah Cut, menyampaikan, “Penghargaan tersebut merupakan kebanggan kami sebagai KPN (Ketua Pengadilan Negeri). Adanya penghargaan ini akan memacu semangat kami untuk berkinerja lebih baik lagi”.

Sementara itu, KPN Sigli, Eliyurita, S.H., mengungkapkan kegembiraannya dengan menyatakan, “Kami senang, tetapi kami tidak boleh terlena. Kami harus terus meningkatkan kinerja kami memberi pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan”.

“Kami harus lebih meningkatkan lagi kinerja untuk dapat mempertahankan apa yang sudah kami raih,” ujar Eliyurita yang juga Alumni FH USK.

Para Hakim Tinggi, terutama Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda) yang ditugaskan untuk melakukan pembinaan di dua PN yang menerima penghargaan ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Hakim Pengadilan Negeri di PN Lhokseumawe dan PN Sigli.

“Karena ketekunan bapak/ibu para hakim dan dibantu oleh para panitera, maka PN Lhokseumawe dan PN Sigli mendapat piagam penghargaan EIS ini. Saya ikut bangga atas capaian ini. Apalagi hasil evaluasi ini langsung disampaikan oleh Bapak Dirjen,” tutur inal Mardhiah, S.H., M.H., Hakim Tinggi PT Banda Aceh yang juga Hatiwasda PN Lhokseumawe.

Atas capaian ini, para hakim yang tergabung dalam WAG IKAHI Tanah Rencong memberikan ucapan selamat dan salut. Ucapan apresiasi tersebut juga disampaikan Dr. H. Taqwaddin, Hakim Tinggi Ad Hoc Tipikor, yang juga Kordinator Humas PT Banda Aceh.[](ril)

Baca juga: