Minggu, Juni 23, 2024

Jelang Pilkada Subulussalam, Fajri...

SUBULUSSALAM - Komunikasi elit partai politik jelang Pilkada Subulussalam mulai terlihat intens. Terbaru,...

Jemaah Haji Aceh Dipulangkan...

BANDA ACEH – Jemaah Haji Debarkasi Aceh (BTJ) akan dipulangkan dari Arab Saudi...

Kapolsek Baru Bongkar Sabu...

LHOKSEUMAWE - Kapolsek Dewantara Ipda Fadhulillah bersama anggotanya berhasil menangkap pemuda berinisial MM...

Pilkada Subulussalam: Resmi Daftar...

SUBULUSSALAM - Bakal Calon Wali Kota Subulussalam, Fajri Munthe menyerahkan berkas pendaftaran sebagai...
BerandaNewsPendidikanISBI Aceh Berlatih...

ISBI Aceh Berlatih Tari dan Musik Bersama SOS Children’s Village Banda Aceh

BANDA ACEH – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh mengunjungi SOS Children’s Village Banda Aceh. Kali ini terdiri dari tiga dosen, yakni Rico Gusmanto, S.S.n., M.Sn selaku ketua, dibantu dua anggota, Dwindy Putri Cufara, S.Sn., M.Sn dan Muhammad Tahir, M.S.

Tim tersebut menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat tentang Pelatihan Musik dan Tari Penyambutan sebagai Implementasi Budaya Peumulia Jamee di SOS Children’s Village Banda Aceh.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan sebab masih kurangnya perhatian dan dukungan pada organisasi sosial yang membantu anak-anak dan remaja untuk dapat mengembangkan keterampilan mereka, khususnya di bidang seni. Kegiatan pelatihan musik dan tari penyambutan sangat penting dilakukan sebagai pelestarian budaya peumulia jamee di SOS Children’s Village Banda Aceh.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat ISBI Aceh disambut hangat oleh Rinaldi Hasan selaku ketua organisasi SOS Children’s VillageBanda Aceh.

“Kegiatan pelatihan ini sangat penting bagi anak-anak, karena mereka butuh pengembangan keterampilan khususnya dalam bidang seni. Semoga kedepannya ISBI Aceh kembali hadir dalam mengembangakan keterampilan-keterampilan yang lain,” kata Rinaldi.

Pelatihan ini berlangsung selama empat hari berturut-turut, yang diikuti oleh 7 peserta penari dan 6 peserta pemain musik. Pelatihan ini dilaksanakan secara intensif mengingat waktunya yang terbilang singkat.

Tari yang diajarkan adalah tari penyambutan kreasi baru yang diberi nama Tari Saleum Teuka. Begitu juga dengan musik, musik yang diajarkan adalah musik kreasi baru. Meskipun kreasi, pijakan dasar tari dan musik tetap berasal dari gerak dan musik Aceh.

Pelatihan dihari pertama, peserta penari diajarkan gerakan-gerakan dasar tari. Bagi peserta pemain musik, mereka diberikan kesempatan memainkan dua alat musik yaitu rapai dan serune kalee. Kemudian ditentukan peserta pemain rapai dan serune kalee.

Dalam sesi latihan anak-anak begitu antusias. Itu terlihat dari cara mereka berlatih yang begitu bersemangat. Sehingga pada saat istirahat, mereka masih menyempati memegang alat musik.

Di hari kedua, hasil latihan sebelumnya terlihat jelas, baik bagi peserta penari maupun pemain musik. Di hari kedua mereka sudah mampu melaksanakan tari penyambutan, yang diikuti pemain musik secara langsung. Hanya saja dari segi kekompakan masih terlihat kurang, tempo musik dan penari masih belum seimbang.

Di hari ketiga, peserta tari dan musik sudah mampu melakukan tarian dengan baik. Hingga tiba pada hari keempat, sesi pengambilan video sebagai dokumentasi dari kegiatan pelatihan berlangsung lancar. Anak- anak terlihat sudah mampu melaksanakan tarian Saleum Teuka dengan baik.

Di akhir kegiatan, tim pengabdian dosen menyempatkan untuk singgah di Rumoh Agam, dan sempat berbincang dengan Aris Ardianto selaku pengasuh Rumoh Agam.

“Kami merasa senang, ISBI Aceh hadir dalam mengembangkan bakat anak-anak SOS Children’s Village. Kami sangat berharap tahun depan ISBI Aceh kembali hadir dengan kegiatan berkaitan desain,” katanya.

Tim penari dan musik yang telah dibentuk dari kegiatan ini, diharapkan mampu mengajarkan kepada anak-anak yang lainnya. Sehinggga kedepannya SOS Children’s Village Banda Aceh memiliki lebih dari satu kelompok tari. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24-27 Agustus 2023, Serta dibiayai oleh DIPA ISBI Aceh Tahun 2023. []Rilis

Baca juga: